Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.51806/668mkd11Keywords:
pelatihan, media pembelajaran, teknologi, mahasiswaAbstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi sangat penting di era digital, khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan mahasiswa STIT Palapa Nusantara, NTB, dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi melalui pelatihan selama program Magang III dan KKN Terpadu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sesi pelatihan, diskusi kelompok fokus, dan pendampingan langsung di lokasi magang dan KKN. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas program. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan mahasiswa untuk merancang dan menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi, yang berdampak positif pada proses pembelajaran di sekolah mitra. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pendampingan yang intensif dan berkelanjutan secara efektif meningkatkan keterampilan teknologi mahasiswa. Implikasi dari hasil ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam kurikulum dan program pengabdian masyarakat di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital.