Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di PAUD Bhakti Seruni Desa Nyurlembang
DOI:
https://doi.org/10.51806/p32ph714Keywords:
mahasiswa, KKN, kualitas, pembelajaran, PAUDAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran sentral dalam perkembangan awal anak-anak, membentuk aspek-aspek kognitif, sosial, emosional, dan motoric anak. PAUD Bhakti Seruni adalah sebuah lembaga pendidikan di Desa Nyurlembang, menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan jumlah guru. Keterlibatan mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) dari Universitas Islam Negeri Mataram telah memberikan solusi efektif dalam mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif selama sebulan. Mahasiswa KKP berperan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik, merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif, serta memberikan perhatian yang intensif kepada anak-anak PAUD Bhakti Seruni. Mahasiswa KKP membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan kegiatan seperti dekorasi lingkungan pembelajaran, pengajaran yang interaktif, praktik sholat Duha, dan kegiatan berbagi kepada lansia. Hasilnya menunjukkan peningkatan dalam antusiasme anak-anak terhadap pembelajaran dan kolaborasi yang positif antara mahasiswa, guru, dan anak-anak. Keterlibatan mahasiswa KKP telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD Bhakti Seruni, memastikan setiap anak mendapatkan perhatian yang cukup dan pengajaran yang berkualitas. Diharapkan bahwa kegiatan pengabdian ini dapat menjadi acuan bagi mahasiswa lain dalam berkontribusi kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan.