Media Pembelajaran Mengenal Alat Transportasi Berbasis Arduino Uno
DOI:
https://doi.org/10.51806/kn80gv07Keywords:
media pembelajaran, anak usia dini, alat transportasiAbstract
Indonesia merupakan salah satu Negara yang menganut sistem Pendidikan Nasional, yaitu sistem pendidikan berjenjang yang masing-masing memiliki orientasi sesuai dengan tahapannya. Beberapa hal yang menjadi faktor keberhasilan dalam pendidkan anak usia dini adalah metode pembelajaran, tenaga pendidik, dan juga media pembelajaran yang digunakan. Tingkat keberhasilan dapat diukur dari apakah kemampuan peserta didik meningkat atau tidak. Kemampuan anak usia dini dapat dilihat dari kemampuan motrik kasar, motoric halus, dan juga kemampuan kognitif anak. Dari hasil survei lapangan, diketaui bahwa media pembalajaran di TK Budi Mulya masih bersifat konvensional dan belum terdapat media pembelajaran berbasis teknologi untuk menstimulasi kemampuan anak. Tujuan pada pengebadian masyarakat ini adalah mengenalkan media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif pada TK Budi Mulya sehingga mampu menunjang suasana belajar yang menyenangkan. Media pembelajaran pada pengabdian ini menampilkan nama-nama alat transportasi yang menggabungkan media gambar dan suara menggunakan Arduino Uno. Berdasarkan pengujian alat, media pembelajaran berfungsi dengan baik, yaitu mampu merespon gerakan apabila sensor disentuh oleh anak-anak dan akan menghasilkan suara nama-nama alat transportasi. Dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, dengan memanfaatkan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan antusias siswa dalam belajar mengenal alat transportasi.