Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium Komputer MTs Darul Hikmah Islamiyah Melalui Kegiatan Praktik Desain Grafis sebagai Alternatif Ekstrakurikuler
DOI:
https://doi.org/10.51806/ngabdi.v3i2.47Keywords:
desain komunikasi visual, laboratorium, ekstrakurikulerAbstract
Ekstrakurikuler dapat mendorong pengembangan kompetensi dan kreativitas peserta didik serta dapat menghidupkan laboratorium komputer di sekolah sehingga alat-alat yang ada di sana dapat dirasakan manfaatnya dengan baik, bukan hanya jadi pajangan atau simpanan. Dengan dasar itu, tim di sini merancang kegiatan untuk mendorong aktifnya pengelolaan laboratorium yang berorientasi pada peningkatan kompetensi dan kreativitas peserta didik. Pengabdian di sini dibagi menjadi tiga bagian yakni prapengabdian, pengabdian, dan pascapengabdian yang masing-masing bagiannya terdiri dari berbagai metode. Pada prapengabdian dilakukan asesmen diagnostik yang meliputi observasi, wawancara, dan pre-test. Sementara pengabdian meliputi deskripsi materi, diskusi, praktik langsung, dan asesmen formatif. Terakhir pascapengabdian yang meliputi asesmen sumatif, penulisan laporan, dan penulisan artikel ilmiah. Materi yang dipilih adalah desain sertifikat sebagai langkah awal dengan memanfaatkan Photoshop terhadap 20 peserta didik yang terlibat. Hasil yang diperoleh adalah 100% peserta didik telah memahami dan menguasai desain grafis berupa desain sertifikat pada tingkat dasar yang awalnya 95% dari peserta didik tidak mengetahui dan memahami desain grafis sama sekali. Dengan dasar itu, tim mengklaim pengabdian ini berhasil sesuai dengan apa yang ditargetkan. Selanjutnya, sekolah dapat merencanakan secara terstruktur dan berkala ekstrakurikuler lainnya yang sesuai, diperlukan, dan diminati oleh peserta didik untuk menunjang fungsional laboratorium serta kompetensi dan kreativitas peserta didik