Pendampingan Santri dalam Meningkatkan Bacaaan Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Jami’atul Islamiyah Desa Kalijaga Timur

Authors

  • M. Mi’rajus Sibyan R Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author
  • Husnawati Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author
  • Abdul Malik Salim Fajri Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author
  • Heni Anggraini Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author
  • Supardi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehaan dan Rekreasi, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan, Indonesia Author
  • Ilham Hidayat Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehaan dan Rekreasi, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Doktor Nugroho Magetan, Indonesia Author
  • M. Alfian Zarkawi Program Studi Ahwal Syakhsiyah, Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author
  • Durratun Nafis Chaulia Putri Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author
  • Shodiqin Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51806/ngabdi.v2i2.37

Keywords:

pendampingan, baca al-qur'an, TPQ, pendidikan agama

Abstract

Pendampingan anak di TPQ Jami’atul Islamiyah berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Dusun Lendang Karang, Desa Kalijaga Timur.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendampingan dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di lingkungan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan tes awal untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak sebelum di damping untuk kemudian kita kembangkan dan meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an melalui sebuah pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak anak di Dusun Lendang Karang mengalami kesulitan dalam makhrajul huruf, tajwid, dan harakat akibat kurangnya bimbingan orang tua dan keterbatasan tenaga pengajar di TPQ.Pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN melalui pendekatan personal, metodepembelajaran interaktif, serta penggunaan teknologi edukatif berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca Al-Qur’an secara signifikan.Dengan demikian, pendampingan di TPQ Jami’atul Islamiyah tidak hanya membantu anak-anak dalam membaca Al-Qur’an dengan lebih baik, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Islam

Downloads

Published

27-08-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan Santri dalam Meningkatkan Bacaaan Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Jami’atul Islamiyah Desa Kalijaga Timur. (2024). Lumbung Ngabdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 32-39. https://doi.org/10.51806/ngabdi.v2i2.37

Similar Articles

1-10 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.